Jumat, 28 Oktober 2016

Asuransi Pendidikan Tidak Tepat Digunakan? Ini Dia Jawabannya

Saat masih kecil anak adalah buah cinta yang menjadi perekat keharmonisan keluarga. Segudang impian disematkan orang tua buat sang buah hati agar kelak jika sudah besar akan sukses. Tak heran, jika seluruh daya upaya kedua orang tuanya dari sisi perencanaan keuangan selalu mengutamakan rencana pendidikan buat sang anak. Tanpa sadar harapan orang tua yang begitu besar pada masa depan anaknya telah membuat ceruk bisnis tersendiri dalam bidang perencanaan pendidikan anak.
Sayangnya orang tua seringkali tidak paham bagaimana cara menyiapkan pendidikan anak, khususnya terkait produk keuangan apa yang cocok untuk persiapan masa depan pendidikan anaknya. Hal ini diperparah dengan produk keuangan yang campur aduk menawarkan layanan tabungan, investasi, dan asuransi. Banyak muncul tawaran paket yang justru membuat kedua orang tua sebenarnya salah dalam menyiapkan dana pendidikan anak dan itu tidak disadarinya. Bagaimana ulasan detilnya? Simak uraian berikut ini:

Berapa Biaya Pendidikan Anak Anda kelak?

Cari Tahu Biaya Pendidikan
Sebelum membahas jauh mengenai produk keuangannya, kita bicarakan dulu mengenai perkiraan biaya pendidikan anak. Aslinya, biaya pendidikan anak di masa depan pada dasarnya susah untuk diprediksi. Mengapa susah? Beberapa pertimbangan berikut ini yang membuat biaya pendidikan anak relatif susah untuk dihitung:
  1. Anak Anda minatnya di bidang apa? Untuk pendidikan tingkat dasar sampai sekolah lanjutan hal ini relatif mudah diprediksi, namun saat kuliah bagaimana cara memprediksinya? Itu beda lagi, karena dia biasanya sudah memiliki tujuan cita-cita.
  2. Anak Anda kelak akan kuliah dimana? Apakah di dalam negeri atau di luar negeri? Apakah kuliah di kampus swasta atau bisa masuk kampus negeri?
  3. Berapa biaya kuliah anak Anda kelak? Biaya kuliah relatif susah diprediksi karena tergantung kebijakan masing-masing kampus.
  4. Bagaimana menghadapi kondisi di atas? Jalan yang bisa ditempuh adalah menyiapkan dana seusai dengan yang kita targetkan namun tetap harus diyakini bahwa dana tersebut pastilah kurang nantinya untuk biaya pendidikan anak.

Tabungan atau Asuransi Pendidikan Anak?

Jangan Salah Pilih
Sebagai orang tua, Anda harus banyak belajar tentang perencanaan keuangan, sehingga untuk menutupi kebutuhan dana pendidikan anak di masa depan orang tua sudah punya pilihan produk yang tepat. Orang tua harus bisa memilih jenis investasi yang memberi hasil lebih tinggi dari inflasi biaya pendidikan. Untuk itu, salah satu produk yang paling tepat digunakan adalah reksadana saham. Mengapa reksadana saham? Berikut ini pertimbangan pemilihan produk tersebut:
  1. Perencanaan pendidikan biasanya merupakan berlangsung dalam jangka panjang, alias di atas 5 tahunan. Sementara produk reksadana dirancang untuk investasi jangka panjang, sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk menyiapkan dana pendidikan buah hati anda.
  2. Pilihan produk reksadana saham relatif minim risiko karena dikelola oleh manajer investasi. Orang tua tinggal menyesuaikan jenis reksadana dengan profil risiko yang ingin diambil
  3. Untuk persiapan dana pendidikan anak, silahkan ambil produk investasi murni seperti reksadana. Ada banyak pilihan produk reksadana sesuai dengan profil risiko, mulai dari reksadana pendapatan tetap sampai dengan reksadana saham. Semuanya bisa dinilai pada saat Anda mendaftar.

Baca Juga: 6 Strategi Menyimpan Uang Untuk Pendidikan Anak

Sesuaikan Dengan Kebutuhan Orang Tua

Namun, dari saran terakhir yang kami berikan, masih terselip satu masalah. Bagaimana jika terjadi sesuatu pada orang tua, misalnya kematian atau ketidakmampuan mencari nafkah secara permanen saat anak belum memasuki jenjang kuliah? Apakah imbal balik reksadana cukup menutup risiko tersebut? Tentu saja tidak. Sebab, reksadana adalah produk investasi bukan proteksi.
Jika orang tua butuh proteksi maka harus mengambil paket asuransi. Kuncinya jangan ambil paket kombinasi dalam satu produk seperti asuransi pendidikan karena tidak akan memberikan hasil maksimal. Untuk melindungi orang tua dari risiko kematian atau ketidakmampuan tetap, ambil saja paket asuransi jiwa sehingga pada saat ada sesuatu yang yang tidak diinginkan terjadi dengan Anda. Keluarga Anda akan memperoleh dana yang dapat mereka pakai untuk aneka tujuan hidup, termasuk biaya pendidikan anak.
Selain itu, Sesuaikan produk keuangan yang diambil dengan tujuan keuangan. Jangan ragu untuk bertanya kepada orang lain untuk membantu Anda merencanakan hal ini. Jadi, yuk siapkan dana pendidikan anak sejak dini!

Baca Juga: Dana Pendidikan Anak: Bagaimana Cara Mempersiapkannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar