Jumat, 28 Oktober 2016

Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak

Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak

Sebagai orangtua, tentu Anda sangat memperhatikan berbagai hal yang berhubungan dengan anak Anda. Salah satu hal terpenting yang pasti Anda pikirkan bagi seorang anak adalah pendidikan mereka, karena tak bisa dipungkiri bahwa pendidikan yang bagus erat kaitannya dengan masa depan yang cerah, dan Anda pasti mendambakan masa depan yang cerah bagi anak Anda, bukan?
Jika memikirkan pendidikan, hal yang tidak bisa lepas dari pertimbangan adalah biayanya. Sudah merupakan fakta yang diketahui oleh hampir setiap orangtua bahwa biaya pendidikan semakin hari semakin meningkat. Diperkirakan bahwa biaya pendidikan mengalami kenaikan sekitar 10-15% per tahun. Nah, bagaimana cara Anda mengantisipasi kenaikan biaya pendidikan tersebut?
Satu hal yang mungkin terpikir oleh Anda adalah menabung khusus untuk dana pendidikan, bisa dengan membuka tabungan biasa atau membuka tabungan pendidikan. Satu lagi adalah dengan berinvestasi, yang jika berhasil maka hasilnya kelak bisa Anda pergunakan untuk membiayai pendidikan anak Anda. Alternatif lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah asuransi pendidikan. Untuk yang terakhir ini, mungkin belum banyak yang memahami seluk-beluknya, termasuk Anda. Silakan simak terus untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut mengenai asuransi pendidikan untuk anak Anda.

Apa itu Asuransi Pendidikan?

Pengertian Asuransi Pendidikan

Pada dasarnya, asuransi pendidikan adalah salah satu produk asuransi yang merupakan kombinasi antara produk asuransi jiwa berjangka (term life insurance) dengan tabungan atau investasi. Dengan asuransi jenis ini, perusahaan asuransi sebagai penanggung akan mengganti uang pertanggungan apabila orangtua sebagai tertanggung meninggal dunia sementara anaknya masih harus menempuh jenjang pendidikan.

Jadi dengan kata lain, fungsi dari asuransi pendidikan adalah untuk proteksi atau perlindungan sekaligus dana pendidikan. Orangtua yang menjadi pencari nafkah utama sebagai pemegang polis diharuskan membayar premi dalam jumlah dan waktu tertentu sesuai pilihan, dengan keuntungan pencairan dana setiap kali anak memasuki jenjang pendidikan baru, entah itu SD, SMP, SMA, maupun Perguruan Tinggi, dan dana asuransi tetap akan diberikan jika orangtua meninggal dunia tanpa keharusan membayar premi lagi.

Baca Juga: Pentingnya Asuransi Pendidikan untuk Anak

Apa Bedanya dengan Tabungan Pendidikan?

Banyak yang masih tidak tahu apa bedanya asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan. Memang sekilas keduanya tampak serupa, sama-sama mempersiapkan dana pendidikan, memberikan perlindungan asuransi dan investasi. Namun sebenarnya asuransi pendidikan berbeda dengan tabungan pendidikan. Perbedaan utamanya terletak pada risiko dan imbal hasil (return) investasi yang sama sekali berbeda. Mari kita simak apa saja perbedaan antara asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan:
Asuransi Pendidikan
(Unit Link, bukan Traditional)
Tabungan Pendidikan
JaminanAsuransi pendidikan bukan merupakan produk yang dikeluarkan oleh bank, dan dengan demikian tidak ada jaminan dari pihak bank. Asuransi ini merupakan produk dari perusahaan asuransi dan meskipun Anda membelinya di bank, bank hanya berperan sebagai agen penjual produk asuransi tersebut.Tabungan pendidikan (atau ada yang menyebutnya sebagai tabungan rencana atau istilah lainnya) merupakan produk yang dikeluarkan oleh bank, dan oleh karena itu dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), setidaknya sampai jumlah tertentu dengan ketentuan bunga maksimum. Apabila terjadi sesuatu pada bank bersangkutan, tabungan Anda akan aman karena ada jaminan dari LPS.
Keuntungan InvestasiBesarnya keuntungan dari asuransi pendidikan tidak bisa dipastikan karena tergantung pada beberapa hal, antara lain kinerja investasi dan risiko investasi berdasarkan jenis investasi yang Anda pilih. Misalnya jika memilih reksadana saham sebagai instrumen investasi, maka besarnya keuntungan investasi akan tergantung pada fluktuasi harga saham, demikian juga apabila Anda memilih reksadana pasar uang akan tergantung pada pergerakan pasar uang. Jadi, keuntungan investasi dari asuransi pendidikan tidak pasti, bisa bertambah bisa juga berkurang.Sementara untuk tabungan pendidikan, tingkat keuntungan yang diperoleh dari bunga tabungan itu sudah pasti, dalam arti Anda akan memperoleh pembayaran bunga sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh bank. Jadi, nilai simpanan Anda di tabungan pendidikan tidak akan berkurang.
RisikoDalam asuransi pendidikan, meski ada peluang untuk mendapatkan imbal hasil atau keuntungan investasi yang tinggi, bahkan bisa berlipat ganda di atas tabungan pendidikan, namun dibalik itu ada risiko yang tinggi pula.Sementara itu untuk tabungan pendidikan, bisa dikatakan tidak ada risiko karena keuntungan sudah pasti diperoleh dari bunga tabungan.
PerlindunganNilai perlindungan atau proteksi dari asuransi pendidikan bisa dibilang tidak terbatas, tergantung pada kemampuan Anda membayar premi.TTabungan pendidikan nilai perlindungan asuransinya umumnya lebih rendah ketimbang asuransi pendidikan. Premi untuk perlindungan asuransi dibayar oleh bank sehingga jumlah uang pertanggungannya terbatas, biasanya hanya sampai maksimum jumlah setoran tertentu.

Kiat Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak

Trik Pemilihan Asuransi Pendidikan
Untuk memilih asuransi pendidikan mana yang terbaik untuk anak Anda, ada beberapa kiat yang dapat Anda ikuti atau dijadikan bahan pertimbangan, yang utama adalah pelajari nilai proteksi dan investasinya. Dua hal ini merupakan yang wajib dipertimbangkan dalam memilih asuransi pendidikan. Penting untuk mengetahui seberapa besar proteksi atau perlindungan dalam bentuk Uang Pertanggungan (UP) yang diperoleh seandainya orangtua sebagai tertanggung meninggal dunia, kecelakaan, atau cacat tetap, sehingga memastikan anak tetap dapat bersekolah dengan lancar. Selain investasi yang menyertai asuransi pendidikan, meski lebih berisiko ketimbang tabungan, menjanjikan potensi keuntungan lebih tinggi, sehingga lebih sesuai dengan tingginya kenaikan biaya pendidikan. Pelajari lebih lanjut jenis investasi yang menyertai suatu produk asuransi pendidikan.
Selain dua hal di atas, beberapa hal lain yang penting diperhatikan dalam memilih asuransi pendidikan terbaik untuk anak Anda adalah:
  • Cari perusahaan asuransi yang sudah terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik
  • Cari yang pencairan klaimnya cepat dan mudah
  • Tanyakan informasi ke orang-orang yang sudah terlebih dahulu menggunakan produk asuransi dari perusahaan yang sama
  • Tanyakan informasi mengenai kekurangan dan kelebihan produk-produk asuransi yang ditawarkan kepada agen asuransi
  • Pastikan premi yang dibayarkan sesuai dengan kemampuan finansial Anda, dan apakah bisa diubah sesuai dengan kondisi keuangan
  • Pastikan program yang ditawarkan sesuai dengan manfaat yang dijanjikan, artinya nilai tabungan asuransi harus sesuai dengan rencana biaya sekolah anak Anda

Baca Juga: Pilih Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan? Ini Jawabannya

Pilihan Asuransi Pendidikan Terbaik

Asuransi Pendidikan Terbaik

Di bawah ini terdapat beberapa pilihan asuransi pendidikan :

1. PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Unit Link)

Produk asuransi pendidikannya yang ditawarkan adalah:

  • Protector Plus, asuransi  unit link protector plus diciptakan bagi anda pribadi yang dinamis, terlebih protector plus dapat ditambahkan rider kesehatan yang akan membayar biaya rumah sakit dari tertanggung SESUAI TAGIHAN untuk ICU, Pembedahan, Biaya Dokter, Biaya Farmasi, hingga bedah pulang hari dan syarat opname hanya minimal 6 jam saja. Tentunya sangat menarik...
  • Value Protector, semua produk unit link pada dasarnya selalu ada biaya akuisisi hingga di tahun ke 3 atau ke 5. Namun berbeda dengan Value Protector, karena produk unit link ini diciptakan tanpa biaya akuisisi dan total premi masuk ke dalam investasi sejak tahun pertama. Jika tidak ada penarikan hingga 60 bulan, maka nasabah akan mendapatkan loyalty bonus juga. Siapapun pasti akan tertarik...
2. PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Traditional)
Produk asuransi pendidikannya yang ditawarkan adalah:
  • Super Fund, program asuransi pendidikan ini akan memberikan dana pendidikan hingga 3 generasi. Karena perlindungan hingga 70 tahun akan diberikan. Salah satu contoh paketnya, yaitu bayar 55jt (3X), nasabah akan mendapatkan hingga 910.000.000,- jika hidup hingga akhir kontrak. Walaupun terjadi resiko meninggal dunia, nasabah masih tetap mendapatkan hingga 860.000.000,- Sangat menarik tentunya...
  • Scholar Plan, program asuransi ini dapat di atur memberikan Dana Tahapan untuk Pendidikan mulai tahun polis ke 3 hingga tahun ke 22, selain itu juga memberikan uang pertanggungan atas resiko terhadap tertanggung. Salah satu contoh paketnya, yaitu bayar 18,5jt (3X), nasabah akan mendapatkan dana pendidikan 96.750.000,- + Uang Pertanggungan 45.000.000,-. Sangat menarik tentunya...
Semua paket asuransi pendidikan, pembayarannya disesuaikan dengan dana yang disediakan nasabah ataupun perlindungan yang diharapkan. 

Pilih Asuransi Pendidikan Terbaik, Biaya Pendidikan Anak Terjaga

Jadi ada banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilih asuransi pendidikan untuk anak Anda. Yang jelas keputusan ada di tangan Anda, pilihlah yang paling sesuai dengan kemampuan dan tujuan keuangan Anda sehingga bisa memastikan biaya pendidikan anak Anda tetap terjaga. Selamat mempersiapkan dana pendidikan anak Anda dengan memilih asuransi pendidikan yang terbaik bagi Anda dan masa depan anak Anda!

Baca Juga: Asuransi Pendidikan Tidak Tepat Digunakan? Ini Dia Jawabannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar